Biasa dan Pembiasaan


Saya pernah menyengaja, beberapa waktu lalu, duduk di depan televisi pada Minggu pagi untuk menonton film kartun. Bukan, bukan untuk film kartunnya tetapi untuk mencermati tayangan iklannya. (Tapi sampai segede ini saya pun masih menyukai film kartun tertentu daripada sinetron. He.....he..... 🤭)

Pada film kartun yang biasanya digemari anak-anak tersebut, dalam durasi 5 menit, saya mencatat ada sekitar 10 iklan makanan dan atau minuman.

Saat berakting dengan makanan/minuman yang diiklankan, sebagian besar model iklannya menggunakan tangan kiri sembari berdiri. Ada yang sambil duduk meski tetap menggunakan tangan kiri atau sambil berdiri dengan menikmati makanan/minuman dengan tangan kanan. Dan sebagian kecil duduk manis dan menggunakan tangan kanan 👍

Setiap hari, anak dan anak-anak didik kita mungkin menikmati "pembelajaran" tersebut. Dalam satu hari, terjadi pengulangan yang lumayan sering. Dan itu berlangsung secara terus menerus: 7 hari seminggu, 30 hari sebulan, 12 bulan setahun.

Pada akhirnya, sangat mungkin anak-anak kemudian menganggapnya sebagai hal yang biasa, lumrah dan wajar untuk kemudian menirunya.

Bila kemudian kita, orang tua dan gurunya, juga memberikan "teladan" yang sama, lengkaplah sudah pembiasaan yang masif, terstruktur, dan sistematis tersebut 😊

Eh tapi masih ada, kok, produk yang diiklankan dengan bersahabat. Seperti salah satu makanan yang saya jumpai pada Kamis siang kemarin, 

16 Oktober 2020, kala rehat sejenak di sebuah warung kopi pinggir jalan setelah melakukan kunjungan ke rumah alias home visit peserta didik SDN 01 Tenogo Paninggaran Pekalongan
 wilayah Bandingan Desa Tenogo Kecamatan Paninggaran Kabupaten Pekalongan. Di kemasan kacang atom tersebut, bin(a)tang iklannya duduk manis sembari menikmati minuman dengan tangan (atau kaki ya? 😀) kanannya.

Tulisan ini tidak mengandung iklan lho, ya? Saya juga tidak di-endorse oleh produsennya 😂. Kebetulan saja menemukannya.

Tapi bila Ibu/Bapak dan Sahabat pelaku usaha sedang memerlukan mitra diskusi untuk mengembangkan iklan melalui fanspage/halaman facebook dan atau Ibu/Bapak Guru sedang berkeinginan memiliki atau membangun website sekolah untuk optimalisasi pembelajaran online dengan Microsoft Office 365, hayuk ngobrol asyik di 085200180842 😘😘😘. 

Tetap bersemangat untuk membiasakan hal yang baik dan menghindari menganggap baik (semua) hal yang sudah terbiasa 😁

Optimis Lebih Manis, Bersyukur Tambah Makmur 😎

#TebarSemangatKebaikan
#JanganTundaBerbuatBaik
#OptimisLebihManis
#BersyukurTambahMakmur

Artikel Terkait



  • Digg
  • Delicious
  • Facebook
  • Mixx
  • Google
  • Furl
  • Reddit
  • StumbleUpon
  • Technorati
  • 0 komentar:

    Posting Komentar

    Terima kasih telah berkenan berkunjung dan meninggalkan jejak komentar

    Next previous home