Refleksi Kompetensi: Apa dan Bagaimana?

Refleksi Kompetensi: Apa dan Bagaimana?

Refleksi Kompetensi adalah bentuk pengenalan diri berupa asesmen yang bertujuan untuk merefleksikan dan mengukur kompetensi pendidik sebagai dasar perencanaan pengembangan diri yang berdampak pada pembelajaran yang berpusat pada peserta didik. Dengan mengikuti Refleksi Kompetensi di platform Merdeka Mengajar, Anda akan mendapatkan Rekomendasi Belajar yang telah disusun berdasarkan level kompetensi yang Anda miliki agar kompetensi pendidik sesuai dengan model kompetensi Kemendikbudristek (Perdirjen GTK/2626/2023). 

Penting!

Refleksi Kompetensi tidak sama dengan Uji Kompetensi Guru (UKG). Jika UKG menjadi tolok ukur kemampuan dan kompetensi dasar pendidik, maka Refleksi Kompetensi dapat menjadi alat ukur dan apakah kompetensi yang dimiliki pendidik saat ini sudah sesuai dan berpusat pada peserta didik. Oleh karena itu, Refleksi Kompetensi tidak akan berdampak secara langsung terhadap jenjang karier, kenaikan pangkat, ataupun nilai Rapor Pendidikan. Namun demikian, dengan mengikuti Refleksi Kompetensi, Anda akan mendapatkan Rekomendasi Belajar untuk meningkatkan kemampuan dan kompetensi Anda.


Siapa Peserta Refleksi Kompetensi?
Refleksi Kompetensi dapat diikuti oleh pendidik yang telah memenuhi persyaratan sebagai berikut :

Pendidik dengan status PNS non KS di bawah naungan Kemendikbudristek (tidak termasuk CPNS, PPPK, PNS diperbantukan) serta termasuk dalam kategori golongan : 
III/a - III/b = Guru Ahli Pertama
III/c - III/d = Guru Ahli Muda
IV/a - IV/b - IV/c = Guru Ahli Madya
IV/d - IV/e = Guru Ahli Utama

Tanya Jawab Seputar Refleksi Kompetensi 

Apakah Refleksi Kompetensi bersifat wajib?
Refleksi Kompetensi tidak wajib, namun sangat disarankan dilakukan agar bisa membantu Anda mengenali diri sebagai pendidik untuk meningkatkan kompetensi dan mengembangkan potensi sebagai pendidik.

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengerjakan Refleksi kompetensi?
Masing-masing kompetensi pada Refleksi Kompetensi memiliki jumlah pertanyaan yang sama. Anda dapat menyesuaikan waktu Anda dalam mengerjakan seluruh kompetensi sampai periode yang ditentukan.

Apakah ada batas waktu dalam mengerjakan Refleksi kompetensi?
Anda dapat mengerjakan Refleksi Kompetensi sebelum 31 Januari 2024

Apakah Refleksi Kompetensi sama dengan Uji Kompetensi Guru (UKG)?
Tidak. Refleksi Kompetensi berbeda dengan UKG. Jika UKG menjadi tolok ukur kemampuan dan kompetensi dasar pendidik, maka Refleksi Kompetensi dapat menjadi alat ukur kemampuan dan kompetensi yang dimiliki saat ini.

Apakah Relfeksi Kompetensi akan mempengaruhi jenjang karier pendidik atau nilai Rapor Pendidikan?
Tidak. Refleksi Kompetensi tidak akan mempengaruhi kenaikan pangkat, jenjang karier, maupun nilai Rapor Pendidikan.

Apa yang harus saya lakukan jika setelah mengerjakan Refleksi Kompetensi, level kompetensi saya menunjukan hasil yang rendah? 
Jangan khawatir, Anda dapat meningkatkan kompetensi Anda dengan mempelajari Rekomendasi Belajar yang diberikan berdasarkan level kompetensi Anda di platform Merdeka Mengajar.

Apakah saya harus mengulang jika hasil Refleksi Kompetensi saya menunjukan hasil yang rendah? 
Jangan Khawatir, apapun hasil yang Anda dapatkan setelah mengerjakan Refleksi Kompetensi, tidak akan mempengaruhi penilaian apapun sehingga Anda tidak perlu mengulang. Hasil Refleksi Kompetensi dapat Anda gunakan sebagai bahan refleksi dan mendapatkan Rekomendasi Belajar yang tepat agar dapat meningkatkan kompetensi Anda.

Mengapa hanya guru PNS non KS yang bisa mengerjakan Refleksi Kompetensi? 
Karena saat ini substansi model kompetensi yang telah dikembangkan dan tersedia sesuai regulasi hanya untuk guru. Maka dukungan teknologi pengembangan fitur pun mengikuti hal tersebut. Namun, kedepannya akan terus dikembangkan untuk dapat digunakan sasaran yang lebih luas mengikuti perkembangan substansi dan regulasi.

Artikel Terkait



  • Digg
  • Delicious
  • Facebook
  • Mixx
  • Google
  • Furl
  • Reddit
  • StumbleUpon
  • Technorati
  • 0 komentar:

    Posting Komentar

    Terima kasih telah berkenan berkunjung dan meninggalkan jejak komentar

    previous home