Lima Cara Cepat dan Tepat Meningkatkan Keamanan Gmail

Sebagian dari kita mungkin tidak terlalu memerhatikan keamanan email, termasuk Gmail. Padahal, kerentanan atas keamanan email ada di beberapa hal.

Jadi, jika Anda menggunakan Gmail, berikut adalah beberapa tips penting yang dihimpun dari Make Use Of, Senin (21/12/2015), yang harus Anda praktikkan sesegera mungkin, untuk meningkatkan keamanan Gmail Anda, seperti dikutip dari Solopos, Selasa (22/12/2015).

1.Mengenkripsi Email

Setiap kali Anda ingin meningkatkan keamanan, enkripsi selalu menjadi hal pertama yang harus Anda pertimbangkan. Enkripsi Gmail Anda, jika ada yang menguping di koneksi Anda, sehingga para penguping itu tidak akan dapat memahami apa yang mungkin berhasil mereka kumpulkan.

Di web, koneksi biasa berlangsung melalui HTTP, sedangkan koneksi terenkripsi berlangsung melalui HTTPS. Tidak semua situs web menawarkan koneksi HTTPS, tapi untungnya Gmail tidaklah demikian lantaran Google menganggap enkripsi menjadi begitu penting, sehingga Gmail berjalan melalui koneksi HTTPS.

Selain itu, Google baru-baru ini mengumumkan mereka akan menerapkan sebuah peringatan Gmail, yang memberitahu pengguna setiap kali sebuah email diterima melalui koneksi yang tidak terenkripsi. Email tersebut dapat dengan mudah dibajak dan atau diubah.

Di sini Anda juga disarankan mengambil langkah-langkah ekstra untuk benar-benar melindungi informasi Anda. Misalnya, sebaiknya Anda tidak hanya mengenkripsi koneksi, tetapi juga mengenkripsi pesan email Anda.

Mailvelope adalah salah satu alat populer yang dapat melakukan tugas ini bagi Anda. Ekstensi di Chrome ini terintegrasi langsung ke Gmail, GMX, Outlook, Yahoo, dan beberapa email provider lainnya, menyederhanakan proses enkripsi dan dekripsi email.

2.Mengaktifkan Verifikasi Dua Langkah

Berikutnya adalah mengaktifkan verifikasi dua langkah yang juga dikenal dengan istilah autentikasi dua faktor two-factor authentication. Fitur sederhana yang hanya membutuhkan sedikit usaha ini, dapat langsung meningkatkan keamanan akun email Anda hingga dua atau tiga kali lipat.

Verifikasi dua langkah berarti Anda harus mengaktifkan dua bentuk verifikasi untuk bisa masuk ke akun Anda. Pertama adalah kata sandi akun Anda yang biasa, dan yang kedua adalah kode verifikasi yang dikirim ke ponsel Anda.

Dengan kata lain, jika seseorang ingin meretas akun Anda, ia tidak hanya harus memiliki kata sandi Anda, tetapi juga harus mempunyai ponsel Anda. Berikut cara untuk mengaktifkan verifikasi dua langkah:

- Buka ikon profil Anda di bagian kanan atas dari Gmail dan klik My Account.

- Di bawah Sign-In & Security, pilih Signing Into Google.

- Di bawah Password & Sign-In Method, pilih 2-Step Verification.

- Masukkan nomor telepon Anda dan pilih metode verifikasi.

3. Gunakan Incognito Mode

Saat ini lebih umum mengakses email dengan perangkat mobile ketimbang komputer bersama, tetapi komputer bersama juga masih cukup banyak digunakan, misalnya di perpustakaan, kafe Internet, atau bahkan di laptop teman.

Namun, jika Anda tidak cermat, mungkin Anda tidak sengaja tetap masuk di akun Gmail Anda di komputer bersama, dan karena itu Anda baru saja membiarkan diri Anda rentan terhadap orang-orang yang berpotensi berbahaya. Sebab orang-orang asing yang menggunakan komputer bersama di perpustakaan, misalnya, benar-benar bisa menimbulkan masalah bagi Anda.

Itulah sebabnya mengapa setiap kali Anda masuk ke Gmail di komputer bersama, Anda harus selalu menggunakan Incognito Mode. Di peramban selain Chrome, Incognito Mode dikenal juga dengan istilah modus privat private mode.

Lebih lanjut, sebetulnya terdapat beberapa alasan untuk menggunakan modus privat, tapi yang paling penting adalah, secara otomatis Anda akan keluar dari apa saja yang Anda buka, setiap kali jendela privat ditutup.

4. Gunakan Kata Sandi Unik

Apakah Anda tahu, apa metode membobol kata sandi yang paling umum digunakan oleh para peretas saat ini? Jawabannya, sebagian besar kata sandi yang digunakan oleh orang-orang biasa sangat mudah untuk dibobol.

Dengan demikian masih ada celah kata sandi Anda jauh lebih lemah daripada yang Anda kira. Kata sandi yang tidak dapat dipecahkan meliputi banyak hal, tapi di sini setidaknya ada tiga sandi yang perlu Anda ikuti:

- Lebih Panjang Lebih Baik

Kata sandi delapan karakter membutuhkan waktu sekitar 5,5 tahun untuk dipecahkan, sedangkan kata sandi sembilan karakter membutuhkan waktu sekitar 363.500 tahun untuk dibobol, dengan catatan bahwa kata kunci itu meliputi urutan acak yang terdiri dari huruf besar, huruf kecil, angka, serta karakter khusus. Setiap karakter tambahan menawarkan perlindungan berlapis.

- Gunakan Karakter Khusus

Huruf merupakan karakter yang paling umum digunakan dalam kata sandi. Kemudian nomor juga termasuk yang populer, meski tidak sepopuler huruf. Hal ini diketahui oleh para peretas, sehingga kata sandi alfanumerik memuat karakter huruf dan angka lebih mudah untuk dibobol. Dengan demikian, kata sandi yang memuat karakter khusus, diklaim akan jauh lebih aman.

- Pilih Kata Sandi Unik dan Sering-seringlah Menggantinya

Jika Anda menggunakan satu kata sandi yang sama di semua akun Anda, maka ketika satu akun berhasil dibobol, nasib akun lainnya akan segera menyusul. Maka, gunakanlah selalu kata sandi yang unik untuk akun-akun penting, dan sebaiknya ubahlah kata sandi itu setidaknya sekali setiap enam bulan.

Selengkapnya silahkan baca di okezone

Artikel Terkait



  • Digg
  • Delicious
  • Facebook
  • Mixx
  • Google
  • Furl
  • Reddit
  • StumbleUpon
  • Technorati
  • 0 komentar:

    Posting Komentar

    Terima kasih telah berkenan berkunjung dan meninggalkan jejak komentar

    Next previous home